Kamis, 25 Januari 2018

Bimbingan Belajar bersama Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura


            Pendidikan Sekolah Dasar di Desa manonggal terdapat 3 sekolah, yaitu SDN Manonggal 1 & SDN Manonggal 2 (terletak di dusun Glugur), dan MI Darul Ijtihad (terletak di dusun Billeh). Untuk warga yang memiliki tempat tinggal di dusun Glugur, Penyaguen, dan Galis rata-rata menyekolahkan putra-putrinya di SDN Manonggal 1 atau SDN Manonggal 2.
            Sedangkan warga yang bertempat tinggal di dusun Billeh dan Bhe koddhuk memilih MI Darul Ijtihad sebagai tempat belajar putra putrinya. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran masyarakat yang ada di Desa Manonggal, KKN Kelompok 31 UTM mengadakan program kerja bimbingan belajar yang sasarannya anak-anak yang masih menempuh jenjang sekolah dasar. Program kerja bimbingan belajar dilaksanakan di 2 tempat, yakni dusun Penyaguan dan dusun Billeh.
Bimbingan belajar di dusun Billeh dilaksanakan setiap hari jum’at. Bimbingan belajar dilaksanakan selama 2 jam, yakni dari pukul 13.00-15.00 WIB yang ditempatkan di gardu yang ada di dusun Billeh. Peserta bimbingan belajar berjumlah sebanyak 30 siswa, rata-rata merupakan murid di MI Darul Ijtihad yang bertempat tinggal di dusun Billeh maupun Bhe koddhuk. Anak-anak peserta BIMBEL begitu antusias ketika sebanyak 8 anggota KKN Kelompok 31 UTM belajar bersama mereka.
Kerena peserta BIMBEL tidak keseluruhan berada di kelas yang sama, melainkan dari tingkat kelas yang berbeda maka sistem pembelajaran dibagi menjadi beberapa grup sesuai dengan kelasanya. Sedangkan untuk materi pembelajaran menyesuaikan dengan kebutuhan mereka, kira-kira materi apa yang kurang mereka mengerti. Setiap kegiatan tentunya memiliki kendala, begitu juga dengan bimbingan belajar yang dilaksanakan di dusun Billeh ini. Yang menjadi kendala adalah zona jalan yang cukup terjal dan cukup licin jika kebetulan hujan untuk dilintasi para anggota KKN agar bisa sampai di dusun penyaguen.

Selain di Dusun Billeh, Mahasiswa KKN Kelompok 31 UTM juga melakukan bimbingan belajar di Dusun Penyaguan. Dusun Penyaguen terletak di sebelah utara dari basecamp KKN Kelompok 31 UTM. Pelaksanaan bimbingan belajar yang di adakan setiap hari minggu dari jam 09.00-11.00 WIB yang ditempatkan di rumah kepala dusun menjadikan pesertanya tidak sebanyak di dusun Billeh. Peserta bimbingan belajar di dusun Peyaguan hanya berjumlah sebanyak 6 oang yang rumahnya ada di sekitar rumah kepala dusun. Akan tetapi meskipun pesertanya hanya berjumlah sebanyak 6 orang mereka tetap antusias untuk belajar dengan para Mahasiswa KKN Kelompok 31 UTM. Sistem pembelajarannya juga sama dengan  yang di dusun Billeh, yakni di bagi sesuai dengan jenjang kelasnya masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar