Minggu, 21 Januari 2018

Pembuatan Puding Jagung Manonggal di Desa Manonggal Dusun Penyaguan


Pembuatan Puding Jagung Manonggal (Pujama) adalah salah satu proker yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN dari Universitas Trunojoyo Madura. Kegiatan ini dilaksanakan pada 17 Januari 2018 pada pukul 13.00 – 15.00 WIB di Dusun penyaguan.
Kegiatan pembuatan puding jagung ini untuk memanfaatkan hasil bumi yang ada di desa manonggal. Selain memanfaatkan hasil bumi, tujuan pembuatan puding jagung yaitu untuk meningkatkan nilai jual jagung.  Dari kelima dusun yang ada di Desa Manonggal, ternyata dusun yang memiliki potensi panen jagung hanya satu dusun yaitu Dusun Penyaguan
Sebelum membuat puding jagung manonggal mahasiswa KKN terlebih dahulu mengadakan sosialisasi kepada petani jagung yang ada di Desa Manonggal. Sosialisasi dilakukan di rumah Kepala Desa Manonggal, tujuannya untuk menumbuhkan pemikiran pengolahan hasil pertanian (jagung). Kegiatan dalam sosialisasi antara lain: Pemilihan kualitas jagung, pembuatan puding jagung, penyebaran produk.
·         Pemilihan kualitas jagung
Jagung yang bagus digunakan untuk membuat puding adalah jagung yang masih muda dan memiliki kandungan air yang banyak
·         Pembuatan puding jagung
Pada tahap ini warga didemokan mengenai  pembuatan pudding jagung manonggal yang dimulai pada pukul 13.00 – 15.00 WIB di rumah kepala dusun Penyaguan.
·         Penyebaran produk

Pada tahap penjualan produk sasaran utama adalah konsumen umum minimal dari warga desa Manonggal yang ada, untuk mekanisme penjualan pada tahap awal yaitu meningkatkan packaging terlebih dahulu agar produk terlihat menarik, selain itu membutuhkan perijinan kelayakan dari bpom dan halal supaya lebih meningkat kan kualitas dari produk puding jagung ini selanjutnya produk dijual ke pasar terdekat yaitu pasar Klampis, lalu jika di tahap awal sudah berhasil akan dilakukan penjualan dengan cara di titipkan ke toko-toko yang ada untuk program online jika dirasa pemesanan banyak. 
Foto bersama KKN 31 Universitas Trunojoyo Madura dengan warga saat pembuatan PUJAMA




0 komentar:

Posting Komentar