Senin, 15 Januari 2018

Tempat Ibadah di Desa Manonggal

            Tempat Ibadah merupakan tempat yang penting bagi umat beragama, di Desa Manonggal sendiri hanya ada masjid sebagai tempat ibadah umat islam di desa ini, hampir setiap rumah warga juga terdapat musholla didepan rumah mereka masing-masing, sampai saat ini belum ada tempat ibadah selain masjid di Desa ini.

1. Masjid Nurul Huda di Dusun Ghalis


Masjid ini berada di Dusun Ghalis, Masjid ini adalah yang paling besar diantara masjid lainnya di Desa Manonggal. Masjid ini berada di tengah himpitan sawah-sawah petani. Namun, banyak sekali warga yang beribadah di Masjid ini, setiap ibadah sholat jumat pun Masjid ini selalu terisi penuh dengan jamaah dari berbagai Dusun di Desa Manonggal.


2. Masjid di Dusun Koddu


Belum diketahui pasti nama dari masjid ini, masjid yang terletak di Dusun Koddu ini sangat sering digunakan untuk ibadah oleh warga setempat, terlihat dari gambar diatas saat penulis mengambil gambar ada warga yang sedang melaksanakan ibadah sholat dhuhur di masjid tersebut. 


3. Masjid AL-HIJJROH di Dusun Penyaguan


Masjid ini terletak di Dusun Penyaguan. Masjid ini merupakan satu-satunya masjid di Dusun Penyaguan. Sampai tulisan ini dibuat, belum ada penerangan jalan menuju masjid ini.



Itulah beberapa masjid di Desa Manonggal, menurut keterangan Pak Klebun (Lurah) semua masjid yang sebutkan diatas selalu dipakai warga untuk berjamaah, dan untuk Dusun yang belum ada masjid, biasanya warga dari Dusun tersebut melaksanakan ibadah di masjid-masjid tersebut terutama pada hari jumat untuk melaksanakan sholat jumat berjamaah dan sholat Ied berjamaah. 

0 komentar:

Posting Komentar