Jumat, 02 Februari 2018

Telur asin Ayam Ras Manonggal (TARAMA)


Telur Asin merupakan istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur asin yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur bebek, namun di Desa Manonggal menggunakan telur ayam. Di desa Manonggal terdapat 6 peternakan yang sangat berpotensi menghasilkan telur ayam. Telur ayam tersebut biasanya hanya dijual begitu saja dan dikonsumsi sebagai lauk. Dengan adanya inovasi ini diharapkan warga tertarik kepada telur asin yang tidak biasa ini, apalagi sekarang dimana harga-harga kebutuhan pokok melambung tinggi sehingga telur asin menjadi salah satu alternatifbagi sebagian besar. Mengapa? Karena harga harganya terjangkau, bergizi dan praktis sebab tidak perlu dimasak lagi. Oleh karena itu membuat telur asin bisa menjadi alternatif bagi warga untuk memulai wirausaha.
Kegiatan pembuatan telur asin ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari pertama melakukan sosialisasi pada para peternak ayam sedangkan pada hari kedua yaitu pelaksanaan pembuatan telur asin. pada hari pertama sosialisasi kepada para peternak berjalan lancar, peternak dan warga sangat antusias karena di desa Manonggal sendiri belum pernah melakukan inovasi pengolahan telur asin dari telur ayam. Setelah bersosialisasi dengan peternak dan warga, kami menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk kegiatan esoknya.
Pada hari kedua, KKN 31 UTM telah menyiapkan seluruh peralatan dan bahan-bahan untuk pembuatan telur asin. acara sosialisasi berjalan sangat lancar dan warga sangat tertarik dengan cara pembuatan telur asin dari ayam tersebut. Meskipun berjalan dengan lancar namun terdapat kendala yaitu kendala pertama warga tidak bisa datang tepat waktu karena jarak antar rumah dengan tempat titik berkumpul lumayan berjauhan, kendala kedua sulitnya memperoleh bahan pembuatan telur yaitu batu bata merah. Untuk mendapatkan batu bata merah harus mencari ke desa-desa sebelah untuk memperoleh bahan tersebut. 

TARAMA yang merupakan salah satu proker  KKN 31 UTM, diharapkan melalui proker ini warga bisa mempunyai inovasi terbaru untuk mengolah telur ayam mempunyai nilai jual yang lebih tinggi yaitu Telur Asin Ayam Ras Manonggal atau TARAMA.

0 komentar:

Posting Komentar